Tak hanya memandang alam, inilah wisata edukasi yang ada di Jogja

Nah kali ini kita akan membahas wisata yang ada di Jogja yang engga cuma pemandangannya aja yang wah namun juga memiliki wisata edukasi yang bisa kita bawa pulang ilmunya dan bisa kita ceritain ketetangga untuk dijadikan bahan obrolan ditukang sayur pagi-pagi. Dan inilah rekomendasi liburan edukasi yang cocok untuk anak dan keluarga;

Taman Pintar

Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

undefined
Wahana Taman Pintar Yogyakarta. TEMPO | Pribadi Wicaksono

Pertama kita akan mulai dari wisata edukasi yang berada dipusat kota Jogja, tepat berada dekat dengan pusat belanja dan oleh-oleh khas Jogja, Malioboro. Wisata edukasi ini menawarkan banyak wahana permainan yang tidak hanya membuat anak senang namun akan memberikan pendidikan secara tidak langsung. Dan wisata edukasi ini dapat dinikmati untuk seluruh golongan anak, baik yang belum bersekolah bahkan yang sedang berkuliah, hal ini karena taman pintar ini dapat memperluas dan memperdalam pelajaran mengenai sains melalui pengamatan secara langsung. Yaps, Taman Pintar namanya.

Di dalam Taman Pintar Jogja terdapat berbagai macam wahana yang ada di beberapa gedung. Terdapat 3 gedung utama di Taman Pintar Jogja diantaranya wahana di gedung kotak. Di dalam gedung kotak terdapat 10 zona yaitu zona replika candi Borobudur, zona koleksi kersi, zona koleksi tokoh wayang, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona pengolahan minyak gas dan bumi, dan masih banyak lagi zona lainnya.

Kemudian ada wahana di Gedung Oval. Terdapat 12 wahana yang bisa di nikmati wisatawan yaitu zona cuaca iklim dan gempa, zona argo, zona kehidupan pada zaman purba, generator pedal, TV trainer, xona teknologi komunikasi, dan masih banyak lagi. Dan yang terakhir adalah wahana di gedung Memorabilia. Terdapat 3 wahana di gedung ini yang berisi tentang sejarah Kasultanan Kraton, Tokoh Pendidikan, dan Kepustakaan Kepresidenan. Sejak terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama Teknologi Informasi, pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia menuju era tanpa batas. Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.
Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu, dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan “Taman Pintar”.
Disebut “Taman Pintar”, karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.
Dengan Target Pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, harapan lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi sendiri. Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk harga tiketnya cukup membingungkan sih kalau hanya dibaca, tapi kan kalau kita bahas tempatnya tidak sama harga tiket masuk, pastinya ada yang kurang. Nah berikut harga tiket yang ada di Taman Pintar;

  • Harga tiket untuk masuk ke Taman Pintar Jogja ini cukup terjangkau yaitu untuk kategori;
    – Anak-anak dikenakan biaya Rp.10,000
    – Dewasa dikenakan biaya Rp.18,000
  • Harga tiket untuk masuk gedung Paud pengunjung akan dikenakan biaya tambahan Rp.3,000 untuk anak yang berusia 2 s/d 7 th.
  • Harga tiket untuk masuk Gedung Planetarium akan dikenakan biaya sebesar Rp.15,000 yang berisi berbagai macam ilmu pengetahuan tentang luar angkasa
  • Harga tiket untuk menonton film 3 dimensi di Wahana Theater 3D, akan dikenakan biaya tambahan Rp.20,000, wahana bahari dikenakan biaya tambahan Rp.4,000 dan masih banyak wahana lainnya.
    Sedangkan untuk harga tiket parkir Rp.3,000/motor dan Rp.5,000/mobil.

Museum Ullen Sentalu

Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta

undefined
Pictured by @Lestgetl0st_

Dari pusat kota, sekarang kita jalan-jalan berada lebih dekat dengan Gunung Merapi, yaitu Museum Ullen Sentalu. Jaraknya yang sangat jauh dari Taman Pintar sekitar kurang lebih 90 menit, tapi selama perjalan menuju museum ini ketika sudah melawati pasar Pakem , anda akan disugguhkan dengan suasana sejuknya khas gunung merapi dan jika beruntung kalian bisa melihat gunung merapi sejajar dengan perjalanan anda selama berkendara menuju wisata kaliurang termasuk meseum Ullen Sentalu.

Sedikit sejarah tentang Museum Ullen Sentalu, pada tahun Seribu enam ratus atau bahkan lebih dari dua ribu tahun. Selama itulah rentang waktu yang telah membentuk budaya Jawa yang eksis dan kita kenal hingga sekarang. Evolusinya melalui berbagai zaman : Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singasari, Majapahit, Demak, Pajang, juga Mataram beserta empat cabang sempalannya, yakni Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman. Hasil proses peradaban berusia panjang itu pun tak kurang jumlahnya yang bermutu sangat tinggi. Sebut saja dalam hal ini kitab kitab kuno yang berisikan mitologi, epos, sejarah, ketatanegaraan, pengetahuan dan petuah-petuah berfaedah, hingga ramalan : Bharatayudha, Negarakertagama, Pararaton, Babad Tanah Jawi, Serat Centhini, Serat Wedhatama,dan Serat Kalathida.

Area seluas kurang lebih 1,2 hektar yang dikembangkan secara bertahap tersebut bernama nDalem Kaswargan atau Rumah Surga, dimana Museum Ullen Sentalu berada. Jalan masuk menuju ruang pamer museum maupun artshop dan restoran  berupa kelokan, undakan, serta labirin akan memberikan nuansa nostalgia, perenungan dan keindahan. Beberapa bagian bangunan dan unsur yang melengkapinya, seperti gapura, dinding tembok, taman, kolam, mencerminkan keagungan budaya leluhur yang sudah ada sejak masa silam. Berbagai jenis unsur bangunan Jawa terlihat pada layout dan struktur bangunan bergaya Indis dan post-mo yang bersatu-padu menciptakan harmoni secara menakjubkan. Koleksi berupa lukisan dan foto foto tokoh sejarah budaya Mataram Islam, kain batik vorstenlanden, karya sastra,  arca arca kebudayaan Hindu Buddha, dan koleksi etnografi era Mataram Islam. Itu membingkai kisah sosial ekonomi politik seni sejarah dan budaya Jawa, terutama kisah para putri di kraton Mataram yang tidak banyak dikisahkan kepada masyarakat awam.

Untuk tiket masuk, wisatawan domestik dikenakan tarif sebesar sekitar Rp.35,000 sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp.55,000. Untuk anak-anak hanya perlu membayar setengah dari harga tersebut. Sedangkan anda tidak perlu untuk membayar biaya parkir karena pihak Museum Ullen Sentalu menggratiskan biaya parkir untuk kendaraan pribadi. Pastinya beberapa diantara kalian akan berpikiran, tiketnya mahal lah atau apa, tenang frends. Harganya sangat sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan, dari pelayanannya hingga pengalamannya. Museum Ullen Sentalu juga punya beberapa program tour untuk wisatawan rombongan loh.

Satu hal yang perlu kalian ingat ketika kalian di Museum Ullen Sentalu ini. Kamu dilarang membawa kamera sepanjang perjalanan didalam museum karena itu merupakan kebijakan privasi dari pihak museum, namun tenang saja setelah tour museum selesai anda akan bisa berfoto sepuasnya diluar ruangan museum yang terdapat beberapa bangunan atau spot foto iconik nan epic yang wajib kalian coba.

Museum Gunung Merapi

Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

undefined
Pictured by @ROMMYDHANO

Mari kita turun sedikit dari Meseum Ullen Sentalu, meseum yang satu ini merupakan meseum yang mempelajari tentang kebencanaan geologi yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.
Dengan luas bangunan sekitar 4,470 yang berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektar, museum yang ke depan juga akan dilengkapi dengan taman, area parkir, dan plasa ini ingin dikenal masyarakat sebagai ‘Museum Gunungapi Merapi, Merapi Jendela Bumi’ ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro.

Di Museum Gunung Merapi ini memiliki dua lantai. Pada lantai pertama kalian akan melihat foto erupsi Gunung Merapi sampai ke alat pemantaunya. Di museum ini kalian juga bisa melihat secara dekat alat-alat pengamat seperti seismograf, radio hingga komputer. Selain itu kalian juga bisa menambah wawasan tentang mitos yang ada pada Gunung Merapi, dari lavanya sampai ke perkembangan pemantaunya. Bahkan, disana juga ada barang yang berperan pada peristiwa Gunung Merapi ini tetapi hanya kerangkanya karena terhempas oleh awan panas.

Pada lantai kedua kalian dapat melihat lantai dasar dan menikmati replika merapi dari atas. Terdapat lorong di lantai ini yang berisi peraga simulasi yang ditampilkan di dalam LCD. Peraga yang ditampilkan ada dua macam yaitu mulai dari peraga gempa bumi, peraga bencana tsunami hingga replika gunung. Pada lantai ini juga terdapat bioskop mini yang memutar film dokumentasi “Mahaguru Merapi”. Lantai dua ini yang sering dijadikan objek berfoto oleh para pengunjung. Jadi jika kalian ingin mengetahui sejarah tentang Gunung maupun tentang bencana lainnya silahkan mengunjungi Museum Gunung Merapi.

Kembali lagi, kurang pas rasanya jika kita membahas suatu tempat wisata tanpa harga tiket masuk yang ada diobjek wisata tersebut. Berikut harga tiket masuk Museum Gunung Merapi cukup murah dan standar diantaranya:

  1. Untuk tiket masuk wisatawan local: Rp.5,000/orang.
  2. Untuk mancanegara: Rp.10,000/orang.
  3. Untuk masuk ruang audio vusual: Rp.5,000/orang.
  4. Untuk masuk ruang audio visual mancanegara: Rp.10,000/orang.
    Sedangkan untuk harga parkir yaitu Rp.2,000 untuk kendaraan roda dua dan Rp.5,000 untuk mobil.

Yappss, itulah beberapa tempat wisata edukasi yang saya rekomendasikan jika kalian ingin menikmati liburan sembari belajar. Thank you atas kunjungannya, see you.

Diterbitkan oleh wawayiqbalw

Hanya ingin menjadi contoh baik bagi adik-adik saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: